Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : 1 (SATU)/(DUA)
Hari/tanggal : Senin, 20 Februari 2012
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Tema : KEBERSIHAN
Standar Kompetensi :
4. Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar :
4.1. Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui
Percobaan.
Indikator :
v Memperagakan cara menggerakkan benda
v Menyebutkan bentuk gerak
v Menjelaskan penyebab gerak
I. Tujuan Pembelajaran :
v Melalui peragaan guru, siswa dapat menirukan 2 macam gerak benda.
v Melalui menyimak informasi dari guru, anak dapat menyebutkan 3 macam bentuk gerak.
v Melalui pengamatan benda digerakkan, siswa dapat menjelaskan penyebab benda bergerak.
v Karakter siswa yang diharapkan :
v Disiplin (Discipline)
v Tekun (Dilligent)
v Tanggung jawab (Responsibility)
v Ketelitian (Carefulness)
II. Materi Ajar (Materi Pokok)
v Energi dan manfaatnya
III. Metode Pembelajaran :
v Ceramah
v Tanya jawab
v Demonstrasi
v Pemberian tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan awal (5 menit)
Apersepsi/Motivasi :
v Berdoa, mengisi daftar kelas, mempersiapkan materi ajaran, model, alat peraga,
v Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis dan membaca,
v Menyampaikan tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan inti (20 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
v Menjelaskan bahwa benda yang berbentuk bola lebih mudah bergerak dibandingkan bentuk lain.
Elaborasi :
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
v Melalui peragaan siswa dapat memperagakan cara menggerakkan benda,
v Setelah dapat memperagakan , siswa mengambil kesimpulan bentuk benda mempengaruhi mudah dan sulitnya benda bergerak serta manfaat gerak benda tersebut.
v Menyebutkan bermacam-macam bentuk benda (benda yang besar, kecil, segitiga, bola, kubus dan tabung).
Konfirmasi
Dalam kegiatan Konfirmasi, guru :
v Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
v Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan akhir, guru :
v Membuat kesimpulan dari materi yang disampaikan
v Melakukan tanya jawab
v Megerjakan post test
v Memberikan pujian sebagai motivator bagi siswa yang telah aktif dalam kegiatan belajar.
V. Alat dan Sumber Belajar
v Buku Sumber
Buku A.B.I Asyiknya belajar IPA untuk SD kelas I
v Alat peraga
Aneka benda yang berbeda bentuk
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
v IPA - Memperagakan cara menggerakkan benda. - Menyebutkan bentuk gerak - Menjelaskan penyebab gerak | Tes lisan | Diperagakan | v IPA - Peragakan cara menggerakkan benda. - Sebutkan bentuk gerak - Jelaskan penyebab gerak |
Bodesari, 20 Februari 2012
Mengetahui,
Kepala SDN 2 Bodesari Guru Kelas I
ELI SUHELIYAWATI, S. Pd. SUMANAH, A. Ma, Pd.
Nip : 19610923 1982042004 Nip : 19540414 1974032005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar