RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
( SIKLUS I )
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 2 / 2
Tema : Lingkungan
Waktu : 1 x 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaanya.
B. KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi sumber-sumber energi (Panas, Listrik, Cahaya dan Bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa termotivasi berperan aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar.
2. Siswa lebih memahami materi sumber-sumber energi panas.
Karakter Siswa yang diharapkan :
- Disiplin (Discipline)
- Tekun (Diligence)
- Tanggung Jawab (Responsibily)
- Ketelitian (Carefulness)
- Kerja Sama (Cooperation)
- Toleransi (Tolerance)
- Percaya Diri (Confidence)
- Keberanian (Bravery).
D. MATERI POKOK
- Sumber energi dan kegunaanya.
- Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
- Memberikan tugas atau PR
Alat dan Sumber Bahan
- Buku paket
- Alat peraga peralatan rumah tangga yang memberi energi listrik
- Media cetak
- Lingkungan sekitar
- Kreatifitas guru
Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis Tes : Tes tertulis
2. Bentuk Tes : Isian
3. Instrumen/Soal : Terlampir
Format Penilaian Proses
Diskusi
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Keterangan | ||
Kreatifitas | Inisiatif | Kerjasama | |||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bodelor, 28 Maret 2012
Mengetahui
Kepala SDN 1 Bodelor Mahasiswa
SUMINAH T U R I N I
NIP : 19561201975122002 NIM : 815112204
LEMBAR EVALUASI
Isilah dengan tepat !
1. Kipas angin berputar memakai tenaga.................................................................
2. Alat rumah tangga yang menghasilkan panas dan dapat merapikan pakaian
adalah..................................................................................................................
3. Lampu tembok memakai energi..........................................................................
4. Blender dapat menghaluskan dengan memakai energi.......................................
5. Senter menghasilkan cahaya dengan memakai...................................................
KUNCI JAWABAN
1. Listrik
2. Setrika
3. Minyak Tanah
4. Listrik
5. Batu baterai
KRITERIA PENILAIAN
- Banyaknya soal 5 nomor
- Setiap jawaban yang benar mendapat nilai 20
- Soal yang salah diberi nilai 0
Nilai yang diperoleh :
Skor nilai = x 100
Skor maksimum
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( PRA SIKLUS )
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 2 / 2
Tema : Lingkungan
Waktu : 1 x 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaanya.
B. KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi sumber-sumber energi (Panas, Listrik, Cahaya dan Bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menyebutkan sumber panas.
- Siswa dapat menyebutkan sumber cahaya.
Karakter Siswa yang diharapkan :
- Disiplin (Discipline)
- Tekun (Diligence)
- Tanggung Jawab (Responsibily)
- Ketelitian (Carefulness)
- Kerja Sama (Cooperation)
- Toleransi (Tolerance)
- Percaya Diri (Confidence)
- Keberanian (Bravery).
D. MATERI POKOK
- Sumber energi dan kegunaanya.
- Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan dibumi
- Memberikan penelitian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
- Memberikan tugas atau PR
- Kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari – hari.
E. METODE PEMBELAJARAN
Demonstrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.
F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal ( 5 menit )
Apresiasi/motivasi
- Merapihkan siswa, mengatur tempat duduk, berdoa dan mengabsen
( mengkondisikan anak )
- Tes awal pelajaran ( pre test )
b. Kegiatan Inti ( 25 menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru :
- Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui
alat – alat rumah tangga
- Guru menjelaskan tentang sumber – sumber energi.
Elaborasi
- Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
- Memfasilitasi pesrta didik berkompetisi secara sehat untuk menigkatkan
prestasi belajar.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru :
- Guru bertanya jawab tentang hal- hal yang belum diketahui siswa.
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir ( 5 menit )
Dalm kegiatan akhir guru :
- Mengadakan tanya jawab sekitar materi yang telah disampaikan.
Alat dan Sumber Bahan
- Buku paket
- Alat peraga
- Media cetak
- Lingkungan sekitar
- Kreatifitas guru
Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis Tes : Tes tertulis
2. Bentuk Tes : Isian
3. Instrumen/Soal : Terlampir
Format Penilaian Proses
Diskusi
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Keterangan | ||
Kreatifitas | Inisiatif | Kerjasama | |||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bodelor, 17 Maret 2012
Mengetahui
Kepala SDN 1 Bodelor Mahasiswa
SUMINAH T U R I N I
NIP : 19561201975122002 NIM : 815112204
LEMBAR EVALUASI
Isilah dengan tepat !
1. Lampu neon dapat menyala karena adanya energi............................................
2. Lampu senter akan menghasilkan energi...........................................................
3. Kompor minyak dapat menyala karena memakai bahan bakar.........................
4. Alat rumah tangga apa yang menghasilkan enrgi cahaya dan bunyi................
5. Sumber cahaya utama dibumi adalah...............................................................
KUNCI JAWABAN
1. Listrik
2. Cahaya
3. Minyak Tanah
4. TV
5. Matahari
KRITERIA PENILAIAN
- Banyaknya soal 5 nomor
- Setiap jawaban yang benar mendapat nilai 20
- Soal yang salah diberi nilai 0
Nilai yang diperoleh :
Skor nilai = x 100
Skor maksimum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar