Selasa, 20 Maret 2012

Contoh RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

( SIKLUS I )

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester : 2 / 2

Tema : Lingkungan

Waktu : 1 x 35 Menit

A. STANDAR KOMPETENSI

Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaanya.

B. KOMPETENSI DASAR

Mengidentifikasi sumber-sumber energi (Panas, Listrik, Cahaya dan Bumi) yang ada di lingkungan sekitar.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Siswa termotivasi berperan aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar.

2. Siswa lebih memahami materi sumber-sumber energi panas.

Karakter Siswa yang diharapkan :

- Disiplin (Discipline)

- Tekun (Diligence)

- Tanggung Jawab (Responsibily)

- Ketelitian (Carefulness)

- Kerja Sama (Cooperation)

- Toleransi (Tolerance)

- Percaya Diri (Confidence)

- Keberanian (Bravery).

D. MATERI POKOK

- Sumber energi dan kegunaanya.

- Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.

- Memberikan tugas atau PR

Alat dan Sumber Bahan

- Buku paket

- Alat peraga peralatan rumah tangga yang memberi energi listrik

- Media cetak

- Lingkungan sekitar

- Kreatifitas guru

Penilaian Hasil Belajar

1. Jenis Tes : Tes tertulis

2. Bentuk Tes : Isian

3. Instrumen/Soal : Terlampir

Format Penilaian Proses

Diskusi

No

Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Keterangan

Kreatifitas

Inisiatif

Kerjasama

Bodelor, 28 Maret 2012

Mengetahui

Kepala SDN 1 Bodelor Mahasiswa

SUMINAH T U R I N I

NIP : 19561201975122002 NIM : 815112204

LEMBAR EVALUASI

Isilah dengan tepat !

1. Kipas angin berputar memakai tenaga.................................................................

2. Alat rumah tangga yang menghasilkan panas dan dapat merapikan pakaian

adalah..................................................................................................................

3. Lampu tembok memakai energi..........................................................................

4. Blender dapat menghaluskan dengan memakai energi.......................................

5. Senter menghasilkan cahaya dengan memakai...................................................

KUNCI JAWABAN

1. Listrik

2. Setrika

3. Minyak Tanah

4. Listrik

5. Batu baterai

KRITERIA PENILAIAN

- Banyaknya soal 5 nomor

- Setiap jawaban yang benar mendapat nilai 20

- Soal yang salah diberi nilai 0

Nilai yang diperoleh :

Skor nilai = x 100

Skor maksimum

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( PRA SIKLUS )

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester : 2 / 2

Tema : Lingkungan

Waktu : 1 x 35 Menit

A. STANDAR KOMPETENSI

Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaanya.

B. KOMPETENSI DASAR

Mengidentifikasi sumber-sumber energi (Panas, Listrik, Cahaya dan Bumi) yang ada di lingkungan sekitar.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

- Siswa dapat menyebutkan sumber panas.

- Siswa dapat menyebutkan sumber cahaya.

Karakter Siswa yang diharapkan :

- Disiplin (Discipline)

- Tekun (Diligence)

- Tanggung Jawab (Responsibily)

- Ketelitian (Carefulness)

- Kerja Sama (Cooperation)

- Toleransi (Tolerance)

- Percaya Diri (Confidence)

- Keberanian (Bravery).

D. MATERI POKOK

- Sumber energi dan kegunaanya.

- Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan dibumi

- Memberikan penelitian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.

- Memberikan tugas atau PR

- Kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari – hari.

E. METODE PEMBELAJARAN

Demonstrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

a. Kegiatan Awal ( 5 menit )

Apresiasi/motivasi

- Merapihkan siswa, mengatur tempat duduk, berdoa dan mengabsen

( mengkondisikan anak )

- Tes awal pelajaran ( pre test )

b. Kegiatan Inti ( 25 menit )

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi guru :

- Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui

alat – alat rumah tangga

- Guru menjelaskan tentang sumber – sumber energi.

Elaborasi

- Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan

masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.

- Memfasilitasi pesrta didik berkompetisi secara sehat untuk menigkatkan

prestasi belajar.

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi guru :

- Guru bertanya jawab tentang hal- hal yang belum diketahui siswa.

- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,

memberikan penguatan dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir ( 5 menit )

Dalm kegiatan akhir guru :

- Mengadakan tanya jawab sekitar materi yang telah disampaikan.

Alat dan Sumber Bahan

- Buku paket

- Alat peraga

- Media cetak

- Lingkungan sekitar

- Kreatifitas guru

Penilaian Hasil Belajar

1. Jenis Tes : Tes tertulis

2. Bentuk Tes : Isian

3. Instrumen/Soal : Terlampir

Format Penilaian Proses

Diskusi

No

Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Keterangan

Kreatifitas

Inisiatif

Kerjasama

Bodelor, 17 Maret 2012

Mengetahui

Kepala SDN 1 Bodelor Mahasiswa

SUMINAH T U R I N I

NIP : 19561201975122002 NIM : 815112204

LEMBAR EVALUASI

Isilah dengan tepat !

1. Lampu neon dapat menyala karena adanya energi............................................

2. Lampu senter akan menghasilkan energi...........................................................

3. Kompor minyak dapat menyala karena memakai bahan bakar.........................

4. Alat rumah tangga apa yang menghasilkan enrgi cahaya dan bunyi................

5. Sumber cahaya utama dibumi adalah...............................................................

KUNCI JAWABAN

1. Listrik

2. Cahaya

3. Minyak Tanah

4. TV

5. Matahari

KRITERIA PENILAIAN

- Banyaknya soal 5 nomor

- Setiap jawaban yang benar mendapat nilai 20

- Soal yang salah diberi nilai 0

Nilai yang diperoleh :

Skor nilai = x 100

Skor maksimum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semangka

Anda tentu sudah mengenal buah semangka, bukan? Buah berukuran besar dengan bentuk bulat, berkulit hijau, dan daging buahnya yang manis berwarna merah atau kuning. Buah ini banyak sekali mengandung air, sehingga buah ini terasa sangat segar apabila dimakan saat musim panas.

Selain bisa dimakan langsung, buah semangka ternyata nikmat juga bila dibuat minuman jus. Anda tidak hanya mendapat kesegaran, tapi juga memperoleh segudang manfaat jus semangka yang mungkin Anda sendiri belum pernah mengetahuinya.

Kandungan Jus Semangka

Jus semangka yang kita konsumsi kaya akan likopen, zat warna/pigmen yang sering kita jumpai pada buah seperti semangka atau tomat. Vitamin yang bisa kita temui di dalam jus semangka juga memiliki kadar yang cukup tinggi, seperti vitamin A, B, dan C. Tak hanya itu, jus semangka juga tinggi kalium, karbohidrat, protein, serat, dan beberapa zat penting lain seperti sitrulin, arginin, dll.

Manfaat Jus Semangka

Ada banyak sekali manfaat jus semangka yang bisa Anda dapat bila Anda rutin meminumnya.

  • Bila jus semangka kaya akan vitamin A, sudah tentu bila Anda mengkonsumsinya secara teratur, kesehatan mata Anda akan terjaga tanpa harus mengalami gangguan.
  • Vitamin C yang ada pada jus semangka juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan atau kekebalan tubuh agar Anda tidak mudah sakit.
  • Bila Anda sedang melakukan diet, Anda bisa merasakan manfaat jus semangka yang lain, yaitu membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Jus semangka akan mudah mengenyangkan perut Anda. Apalagi jus semangka adalah minuman rendah kalori karena memiliki kadar gula yang sedikit.
  • Jus semangka kaya akan kalium, zat yang bisa menjaga keseimbangan tekanan darah. Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa mencoba merasakan manfaat jus semangka yang satu ini
  • Jus semangka kaya akan likopen yang merupakan zat antioksidan yang sangat ampuh untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit, misalnya seperti kanker prostat atau kanker usus besar. Para wanita sangat dianjurkan untuk meminum jus semangka sebagai pencegah kanker mulut rahim.
  • Jus semangka diklaim mampu meningkatkan vitalitas kaum pria sekaligus meningkatkan kualitas sperma. Bahkan, bagi pria yang divonis tidak subur pun, bisa mencoba manfaat jus semangka yang satu ini. Bila diminum secara rutin dan teratur, ada kemungkinan untuk kembali subur dengan kualitas sperma yang baik.
  • Manfaat jus semangka yang lain adalah untuk membantu memperlancar proses pencernaan dalam perut, karena minuman ini kaya akan serat yang sangat berguna untuk mencegah resiko susah buang air besar.
  • Ada yang mengatakan bahwa mengkonsumsi jus semangka akan membuat kita ingin buang air kecil terus. Ini benar, tapi tentu ini bukan hal yang merugikan, karena dengan mengkonsumsi jus semangka, Anda malah akan terhindar dari penyakit batu ginjal.
  • Jus semangka juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan lain seperti demam, sariawan, atau diare. Jus semangka juga disinyalir mampu meningkatkan kinerja jantung agar tubuh tetap sehat.

Itu adalah sederet manfaat jus semangka yang mungkin belum Anda ketahui. Banyak yang mengira bahwa jus semangka hanya bagus bagi para pelaku diet rendah kalori, padahal minuman ini pun juga sangat dianjurkan bagi Anda yang tidak melakukan diet. Jadi, sangat mudah sekali untuk hidup sehat, bukan? Anda tinggal meminum jus semangka secara rutin, tubuh pun akan terhindar penyakit.